Kedudukan seorang ayah dalam Islam

Diceritakan seorang pemuda kaya melaporkan ayahnya kepada nabi Muhammad karena ayahnya dianggap mencuri hartanya, dihadapan nabi ayahnya tertunduk malu. lalu nabi menanyakan kepada ayahnya, apa yang ada dalam hatimu sekarang? ayahnya tidak mau menjawab namun sekali lagi nabi munyuh ayahnya mengungkapkan apa yang ada dalam hatinya, lalu ayahnya berbicara sambil mengis, ya Rasullullah waktu kecilnya aku rela tidak makan asalkan dia tetap kenyang, aku rela tidak memiliki pakaian baru asalkan ia tetap berpakain selayaknya anak2 yang lain, ketika ia sakit aku yang lebih dulu merasakan sakitnya dan mendoakan kebaikan untuknya, namun dihari tua seperti sekrang ini saya tidak mampu lagi bekerja mengharapkan ia membatuku namun ia membiarkan aku terlantar, aku hanya mengambil secukup makan aku, ibunya dan keluarganya namun ini yang ia lakukan terhadapku. mendengar cerita ini nabi berdiri dan memegang leher pemuda itu dan berkata انت ومالك لأبيك " kamu dan hartamu milik ayahmu" semoga kita bisa mengambil pelajaran dari cerita ini. Amin... الجنة تحت اقدام الامهات "surga diperoleh berdasarkan keridhoan ibumu. namu ingat الوالد أوسط أبواب الجنة "ayah adalah salah satu pintu dari pintu surga". ayah adalah asal manusia. Waalhu a'lam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KHUTBAH JUM'AT: LIMA KARAKTER ORANG BERTAQWA SEBAGAI HASIL DIDIKAN RAMADHAN

STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO SOLUSI TERBAIK UNTUK CALON GURU MASA DEPAN